Sabtu, 11 Maret 2017

Membuat game 2d animasi karakter part 2

Baiklah, pada tulisan sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang frame, label dan keyframe serta bagaimana menerapkannya pada action script. saya juga mengharapkan bahwa tulisan saya bisa dipahami oleh kamu. kalau tidak, maka tidak apa. pada proses pembuatan nanti, mungkin bisa kamu pahami. jadi sekarang kita akan mulai membuat gerakan karakter dari game 2d pahlawan yg sudah kita buat sebelumnya.

sebagai catatan, saya sudah test beberapa kali dan menemukan error saat motion tween dibuat. seharusnya saat motion tween dibuat, tidak memunculkan objek baru di library, jadi kesalahannya ada pada gambar hidung yg kita buat sebelumnya di objek kepala. karena hidung belum dibuat simbol, maka hal tersebut menimbulkan objek baru pada library bernama tween 1 sampai 8. jadi untuk memperbaikinya, kita hapus objek group hidung terlebih dahulu. kemudian masuk dalam edit mode kepala (pastikan layer kepala tidak terkunci), lalu hapus warna kepala agar kita bisa membuat gambar hidung pas di tengah mata. setelah itu baru gunakan paint tools lagi untuk mewarnai kepala setelah gambar hidung dibuat. berikutnya keluar dari edit mode kepala dan simpan hasil kerjamu. pastikan gambar hidung di dalam objek graphic kepala. dan objek yg sebelumnya di group (tidak menjadi objek simbol) sudah di hapus. sekarang kita lanjutkan lagi.

pertama, buka kembali hasil kerjamu di flash yaitu game pahlawan jika belum. sebagai saran, backup hasil kerjamu dan pindahkan ke folder lain. nanti bisa kita gunakan jika ada kesalahan atau error yg mengakibatkan file game tidak bisa di restore kembali. setelah di backup. kita mulai membuat gerakan karakternya. duplicate objek movie clip karakter yg ada di library dan beri nama karakter_siap. setelah itu, aktifkan objek karakter_siap dan buka kunci layer tangan. pastikan timeline frame yg aktif adalah 1. ubahlah posisi dan pivot point dari tangan karakter kita seperti sedang siap bertempur menggunakan transform tools.

setelah selesai, kunci kembali layer tangan. karena sepertinya garis nya tidak tersambung, jadi saya akan edit lengan dan tambahkan garis bawah agar tersambung. aktifkan layer lengan. sembunyikan layer tangan agar bisa mengedit lengan dan klik 2 kali untuk edit. seleksi setengah warna lalu hapus. buat garis lagi di bagian bawah lengan. kemudian kunci layer lengan dan aktifkan tangan. atur kembali posisinya agar kedua garis sisi dari tangan dan lengan tersambung menggunakan selection tools. setelah selesai, kunci kembali layer tangan. lihat contoh gambar di bawah ini.

mengatur posisi pivot point serta memperbaiki gambar lengan dan tangan karakter.
mengatur posisi pivot point serta memperbaiki gambar lengan dan tangan karakter.

selanjutnya, aktifkan layer lengan. lalu atur pivot point lengan ke atas. sama seperti pivot point dari tangan. kemudian buka lagi kunci layer tangan (kedua layer yaitu lengan dan tangan tidak terkunci) dan seleksi kedua objek tersebut. atur pivot point ke tempat dimana kita meletakkan pivot point lengan menggunakan transform tools dan putarlah objek hingga lengan dan tangan berada dalam posisi siap. sepertinya kita harus melengkungkan garis atas dari lengan dan mengatur pivot pointnya lagi agar menjadi bahu. jadi edit kembali layer lengan dan lengkungkan garis menggunakan selection tools kemudian keluar dari edit mode dan gunakan transform tools untuk mengatur pivot point. 

kemudian gunakan selection tools lagi untuk mengatur posisi objek lengan dan pastikan tangan juga ikut di seleksi. setelah itu, kunci kembali kedua layer tersebut dan lakukan hal yg sama pada objek lengan satunya. sembunyikan lengan dan tangan kiri jika tidak terlihat, begitu juga dengan layer tubuh karakter. langkah dan hasil akhir dari gerakan yg saya buat sendiri, bisa kamu lihat contoh gambarnya di bawah ini.

mengatur lengan dan tangan karakter game 2d untuk gerakan siap.
mengatur lengan dan tangan karakter game 2d untuk gerakan siap.

lakukan hal yg sama pada objek paha dan kaki jika kamu mau. tergantung gerakan yg kamu inginkan, sebagai inspirasi, lihatlah game fighting seperti tekken, street fighter dan sebagainya. jadi kamu yg tentukan gerakan karakter tersebut. disini saya buat gerakan kaki siap. untuk pivot point, sama dengan cara kita mengatur posisi pivot point lengan dan tangan. jika sudah selesai semua. kunci semua layer lagi untuk menghindari kesalahan saat memutar dan memindahkan objek secara tidak sengaja. untuk kaki kanan yg menghadap ke depan, jika ad yg ingin kamu perbaiki maka silahkan juga sambil belajar seperti saya ok. seperti mengubah telapak kaki, atau garis kaki.

mengatur posisi pivot point pada kaki dan mengedit gerakan karakter.
mengatur posisi pivot point pada kaki dan mengedit gerakan karakter.

berikutnya, aktifkan timeline 5 dan klik kanan, drag frame 5 dimulai dari layer paling atas sampai ke bawah untuk menyeleksi frame,  lalu pilih insert keyframe. setelah itu lakukan hal yg sama pada timeline 10. 

menambahkan keyframe baru di timeline 5 dan 10
menambahkan keyframe baru di timeline 5 dan 10

selanjutnya aktifkan kembali timeline frame 5 dan buka kunci dari layer lengan dan tangan.  ubahlah posisi lengan dan tangan karakter agak ke atas atau ke bawah, dengan cara yg sama seperti kita mengubah posisi lengan dan tangan sebelumnya. setelah itu kunci kembali layer tersebut. disini saya atur agak kebawah karena sudah tinggi. berbeda dengan frame 1 dan 10 yg harus tetap pada posisinya. lakukan hal yg sama pada lengan dan tangan lainnya. (jika kamu ingin atur posisi gerakan tubuh karakter naik turun maka silahkan juga naik atau turunkan tubuh karakter di frame 5). 

untuk tubuh karakter, pastikan kedua layer lengan dan tangan serta layer kepala, mulut, mata, rambut dan tubuh karakter di buka kunci layernya (saat semua terseleksi, atur pivot point di bawah agar rotasi tidak terputus dengan kaki). membuka semua kunci layer selain layer paha dan kaki dilakukan agar seluruh objek bisa di seleksi dan semuanya ikut bergerak saat menurunkan atau menaikkan gambar tubuh karakter.jika tidak, maka objek terputus dan tertinggal. silahkan di coba sendiri dan jangan lupa CTRL + Z untuk undo. hehehe

setelah selesai, kunci kembali semua layer lalu seleksi frame 1 sampai 4 dari layer paling atas sampai bawah, klik kanan dan pilih create motion tween. (jika di library muncul nama objek baru yaitu tween 1 dan seterusnya, maka baca catatan pertama saya di atas, tidak berpengaruh besar tapi mungkin agak sedikit susah untuk perbaikan dan update nanti). lakukan hal yg sama pada timeline 10 dengan cara seleksi mulai frame 5 sampai 9. setelah itu, untuk menguji apakah karakter kita bekerja dengan baik. maka pilih menu control di atas, lalu pilih test scene. kamu akan melihat karakter bergerak siap seperti pemain tinju.

mengatur gerakan di timeline 5 agar animasi karakter siap.
mengatur gerakan di timeline 5 agar animasi karakter siap.

sampai disini kita telah selesai membuat gerakan karakter pertama kita. kamu mungkin bertanya kenapa kita tidak langsung saja membuatnya di objek movie clip karakter. jawabanya hanya satu, movie clip karakter disimpan sebagai backup jika ada kesalahan saat edit atau membuat gerakan karakter. jadi objek tersebut sangat berguna di kemudian hari. dan tentu saja dengan objek tersebut kita akan membuat beberapa gerakan lagi. saran dari saya, duplicate lagi objek karakter original kita dan beri nama karakter_backup.


yah, untuk pertama kali membuat gerakan ini untuk saya sendiri sebenarnya lama baru selesai karena baru belajar berdasarkan pengalaman saya sendiri, kecuali sudah sering membuatnya, maka cara ini sangat mudah untuk dibuat. tetap semangat, sampai disini tulisan dari saya dan jika ada yg salah maka saya mohon saran dan kritiknya. sampai bertemu lagi di tulisan saya yg lain tentang animasi karakter dan salam hangat dari admin uyasur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih