Sebelumnya kita sudah membuat gerakan pukulan lemah dan kuat untuk karakter game 2d dan juga sudah memberikan nama untuk gerakan pertama kita. kali ini, saya akan melanjutkan tulisan sebelumnya dalam membuat animasi karakter game 2d dan yg belum kita buat adalah gerakan karakter menendang lemah dan kuat. jadi seperti biasa, siapkan flash kamu dan buka kembali hasil kerja yg telah kita buat sebelumnya yaitu game pahlawan. kemudian aktifkan objek karakter kita.
waktu itu kita sudah membuat gerakan karakter yaitu pukulan lemah dan kuat di timeline 5, 10 hingga 25. sekarang buat keyframe baru lagi di timeline 30 dan 35. kemudian aktifkan timeline 30 dan atur gerakan karakter menendang dengan kaki kanan (menendang lemah). jangan lupa untuk mengatur pivot point karakter tersebut. setelah selesai, buat keyframe baru lagi di timeline 40 dan 45. kemudian aktifkan lagi frame 35 dan buatlah gerakan karater menendang dengan kaki kiri (menendang kuat). jangan lupa membuat motion tween untuk gerakan karakter kita tadi. karena saya rasa cukup mudah dan tulisan ini masih terlalu singkat untuk diakhiri. jadi kita bisa tambahkan lagi gerakan yg lain. tapi sebelumnya kita buat dulu nama gerakan kita tadi di layer label agar tidak lupa.
buatlah blank keyframe baru di layer label untuk nama, letaknya ada pada timeline 26, 36 dan 46. kemudian aktifkan frame 16 dan beri nama pukul2, setelah itu, pada timeline 26 dan 36, beri nama tendang1 dan 2. sebagai contoh bisa kamu lihat pada gambar yg saya buat di bawah ini.
membuat animasi gerakan karakter menendang lemah dan kuat |
jika kamu bayangkan, game ini tidak akan lengkap tanpa gerakan menangkis, lompat sambil memukul dan menendang, terkena serangan musuh dan sebagainya. jadi sekarang kita akan buat semuanya dimulai dari gerakan karakter melompat sambil memukul dan menendang yg memerlukan 1 sampai 6 frame saja dan kali ini kita tidak menggunakan motion tween. kamu bisa menggunakan garis bantu untuk membuat gerakan lompat ini agar saat karakter turun pas dengan pijakan sebelumnya. kecuali posisi kaki karakter tidak berubah. caranya adalah dengan membuat layer baru di bagian paling bawah dan beri nama garis_bantu. disini saya tidak membuatnya karena saya hanya menggerakkan 1 kaki karakter saja.
mari kita mulai, buat keyframe baru di timeline 46. kemudian atur gerakan karakter ingin melompat (kaki kanan naik). setelah itu buat keyframe lagi di timeline 47 dan 48, kemudian drag keyframe 48 ke 49 untuk gerakan melompat sambil menendang nanti. setelah itu, atur gerakan karakter bersiap untuk memukul di timeline 47. terakhir, buat keyframe baru lagi di timeline 48, kemudian buat gerakan melompat sambil memukul. setelah selesai, buat frame baru di layer label dimulai dari timeline 46 sampai 48 dan beri nama pukul3.
selanjutnya buat keyframe baru lagi di timeline 50 dan atur gerakan karakter bersiap untuk menendang. kemudian tambahkan keyframe baru lagi di timeline 51 dan atur gerakan karakter melompat sambil menendang.jadi pada timeline 46 sampai 48 adalah gerakan karakter melompat sambil memukul. kemudian di timeline 49 sampai 51 adalah gerakan karakter melompat sambil menendang. jangan lupa untuk menambahkan frame baru di layer label dan beri nama tendang3.
berikutnya gerakan yg kita buat adalah gerakan karakter terkena serangan musuh. jadi kopi frame 5 dan paste ke timeline 52 serta jangan lupa untuk remove tween di keyframe 52 tadi (lihat warna pada keyframe, jika warnanya berbeda dengan timeline 51 atau jika kita klik kanan dan tombol menu remove motion tween menyala, maka bisa dipastikan ada motion tween. karena kita kopi frame 5 yg sudah ada motion tweennya maka akan ikut juga saat kita paste ke frame 52). berikutnya buat keyframe baru di timeline 53 dan 54. kemudian atur gerakan karakter pada frame 52 seperti kena serangan lemah. lalu pada frame 53, atur gerakan karakter kena serangan kuat. terakhir pada frame 54, atur gerakan karakter menangkis serangan.
membuat animasi gerakan melompat dan memukul serta menendang |
sampai disini kita telah selesai membuat semua gerakan karakter untuk game 2d kita. jangan lupa untuk memberi nama gerakan kita yaitu, kena1 dan 2. kemudian nama tangkis pada frame 54.saya yakin kamu masih ingat caranya memberi nama frame label. selanjutnya kita akan membuat sensor deteksi (collision, collider atau hit) untuk karakter kita karena hal tersebut sangat penting untuk mendeteksi apakah karakter kena atau tidak dan sebagainya. akan saya jelaskan nanti pada tulisan saya berikutnya dan mungkin akan sedikit membosankan buat kamu karena jika tulisan saya terlalu panjang, maka kita hanya sampai pada teori dulu tentang collision atau collider.
selanjutnya: Membuat game 2d animasi karakter part 7.
jangan lupa untuk menyimpan hasil kerja kita. sampai bertemu lagi di tulisan saya selanjutnya dan salam hangat dari admin uyasur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih