Kamis, 09 Maret 2017

Membuat game 2d animasi karakter part 1

Hari ini mungkin akan membosankan bagi kamu, karena kali ini saya hanya memberikan beberapa teori tentang animasi karakter game 2d. namun hal ini sangat penting untuk di ingat. karena jika kita tidak mengetahuinya, maka akan sangat sulit untuk membuat gerakan karakter. walaupun tidak begitu paham, setidaknya kita tahu. dan pada akhirnya semua berjalan dengan sendirinya. jadi tetap semangat dalam membuat game. disini saya juga akan jelaskan tentang apa itu animasi, frame, dan sebagainya. jadi mari kita mulai saja penjelasan saya ok.

Animasi adalah gambar yg semula hanya diam menjadi bergerak. animasi juga bisa dibuat dengan beberapa cara berdasarkan apa yg saya ketahui. sebagai contoh animasi karakter berlari. ada yg membuat gambar 1 per satu dimulai dari diam hingga berlari. ada juga caranya menggunakan motion tween, yaitu gambar yg sudah dipisahkan seperti yg kita buat sebelumnya lalu kemudian digerakkan dengan motion tween. dan kita hanya memerlukan 1 gambar di tiap frame untuk cara yg satu ini. namun tetap saja jika kita ingin yg lebih komplit, maka harus membuat beberapa gambar lagi. untuk game dengan genre RPG biasanya menggunakan cara pertama yaitu membuat beberapa gambar di tiap frame untuk gerakannya.

untuk game tipe side scrolling, dan beberapa tipe game lainnya biasanya sering menggunakan cara motion tween. sangat berbeda dengan game 3d yg hanya memerlukan 1 objek lalu kemudian digerakkan menggunakan bone namun hampir mirip dengan motion tween. untuk flash CS terbaru saya rasa sudah mendukung bone untuk gambar 2d kita. mungkin ada cara lainnya untuk gerakan karakter, tapi hanya itu yg saya ketahui.

perbedaan motion tween pada gambar karakter
perbedaan motion tween pada gambar karakter

satu lagi perbedaan yg perlu diketahui. dengan menggunakan motion tween, kita akan dengan mudah membuat karakter yg bisa diganti perlengkapannya atau di kostumisasi satu per 1. sedangkan untuk gambar yg dibuat secara penuh, maka harus diganti 1 set. atau kita juga bisa membuatnya 1 per satu. tapi tentunya saat karakter bergerak, kita tetap harus menggunakan motion tween yg artinya gambar armor dipisahkan.

selanjutnya adalah timeline dan frame. timeline adalah waktu dimana frame dijalankan berdasarkan framerate. jika kamu lihat di atas frame, ada nomor 1, 5, 15, 20. itu disebut sebagai timeline. artinya, saat movie atau game dijalankan. maka timeline tersebut begerak sesuai dengan hitungan framerate hingga mencapai akhir frame yg kita isi. (sebelumnya saya sudah jelaskan tentang frame rate di part 1 kalau tidak salah). kemudian dibawah timeline ada frame. disini ada  2 submenu yg perlu kita ingat. yaitu, frame dan keyframe. perbedaanya adalah sebagai berikut. jika kita membuat 1 frame di timeline 15. dan saat movie dijalankan, maka dia akan berhenti di frame 15. tapi karakter tidak akan bergerak karena frame sendiri hanya digunakan untuk membuat batas, menandai nama gerakan yg disebut sebagai frame label.

sedangkan, keyframe digunakan untuk mengisi frame dan memiliki simbol berbentuk bulat. dan tentu saja dengan keyframe, kita bisa membuat gerakan pada gambar atau objek karakter kita. disini warna dari bentuk bulat tersebut ada 2. yaitu hitam dan putih. jika warna pada frame  tersebut berwarna putih, maka isi gambar yg ada pada keyframe tersebut kosong. (gambar karakter yg kita buat sebelumnya hanya ada pada frame 1, jadi saat menambahkan keyframe baru pasti akan berwarna hitam. jika putih, maka isinya akan kosong). sedangkan apabila warna hitam, maka gambar atau objek tersebut ada dan di isi didalam frame tersebut. jika kita ingin menggerakkan karakter, maka gunakan keyframe.

sebagai contoh agar lebih paham dengan penjelasan saya adalah seperti ini. kita ingin menggerakkan karakter mulai dari diam, berjalan, lalu diam lagi. jadi di frame 1 kita sudah membuat karakter diam. lalu kita buat keyframe baru di timeline 5 dengan cara mengaktifkan frame 5, klik kanan, pilih insert keyframe. kemudian atur posisi karakter seperti sedang berjalan. lalu seleksi dari frame 1 hingga 5.gunakan motion tween. setelah itu buat keyframe baru lagi di frame 10, lalu seleksi lagi dari frame 6 sampai 10. dan atur karakter seperti posisi semula saat berdiam. saat movie dijalankan, maka karakter tersebut akan bergerak hingga mencapai frame akhir yaitu 10 dan pasti akan kembali diam setelah berjalan.

cara yg paling mudah adalah dengan membuat keyframe baru di timeline 5 dan 10. baru setelah itu aktifkan frame 5 dan edit karakter seperti sedang berjalan, lalu seleksi seperti yg telah saya jelaskan sebelumnya untuk membuat motion tween. cara ini lebih cepat karena gerakan karakter terakhir adalah diam yg sama dengan karakter awal yg kita buat di frame 1. jika kamu bertanya tentang apakah bisa keyframe yg sudah dibuat dipindahkan maka jawabannya ya. karena kita merasa frame 1 sampai 10 terlalu cepat bergerak. maka kita bisa drag frame 10 ke frame 20 dan seterusnya.

begitu juga dengan keyframe 5. maka bisa dipindahkan ke frame 10 agar pas. atau jika frame sudah terlalu banyak, maka kita bisa kurangi framerate agar tidak terlalu cepat. jangan lupa untuk menandai gerakan tersebut dengan frame label yg terletak di bawah menu propterties agar kita bisa memanggilnya dengan kode action script kita dan juga kita bisa tahu bahwa ini gerakan apa. (di buat layer baru dan beri nama label kemudian seleksi hingga akhir gerakan). contoh, karakter lari. dengan nama label tersebut, kita dengan mudah mengingat dan memanggilnya dengan action script jika diperlukan tanpa harus menuliskan nomor framenya yg mungkin saja kita lupa.

penjelasan tentang frame, label dan keyframe
penjelasan tentang frame, label dan keyframe

saya harap kamu sudah paham tentang frame, timeline, keyframe dan beberapa hal penting lainnya. jadi nanti kita bisa memulai untuk membuat gerakan karakter dari game pahlawan kita menggunakan motion tween yg sudah saya jelaskan sebelumnya.

selanjutnya: membuat game 2d animasi karakter part 2.

demikian penjelasan dari saya sendiri berdasarkan pengalaman. sampai bertemu lagi nanti dan salam hangat dari admin uyasur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih