Seperti yg sudah saya janjikan, hari ini kita akan membuat animasi karakter mati atau kalah di dalam game 2d pahlawan kita.dan jangan lupa, akan ada PR (Pekerjaan rumah) buat kamu nanti setelah animasi karakter game kita ini selesai dibuat. jadi pastikan kamu sudah mulai mengerti cara membuat dan memperbaiki gambar game 2d kita ini. kembali ke topik. nah, sebelumnya kita sudah membuat animasi karakter siap (siaga), berjalan dan melompat. kali ini kita akan mulai membuat animasi karakter kalah atau mati.
seperti biasa, siapkan flash CS kamu dan buka kembali game pahlawan. kemudian duplicate objek karakter_siap dan berilah nama karakter_mati. kamu juga bisa ganti nama tersebut menjadi karakter_kalah. kemudian hapus motion tween dari frame 1 sampai 9 seperti yg sebelumnya pernah kita lakukan. selanjutnya hapus lagi frame timeline 2 sampai 10. untuk contoh gambar bisa kamu lihat di part 3 tulisan saya sebelumnya.
berikutnya pastikan frame yg aktif adalah frame 1. buka kunci layer lengan dan tangan kanan. gunakan transform tools dan atur pivot point objek, kali ini kita akan membuat tangan tersebut lurus ke depan. jadi putar objek lengan beserta tangan ke depan. kemudian luruskan objek tangan tersebut hingga arahnya sama dengan lengan yaitu ke depan. lakukan hal yg sama pada objek lengan dan tangan kiri karakter kita. selanjutnya, kunci seluruh layer dan buka kunci dari layer kepala, mata, hidung dan rambut. atur pivot point nya di leher karakter kita. dan putarlah ke kiri layar hingga wajah karakter kita agak menghadap ke atas. setelah selesai, buka seluruh kunci layer kecuali paha dan kaki, lalu atur pivot point di bawah kiri layar yaitu pinggang karakter dan putarlah seluruh objek hingga tubuh karakter terlihat agak menunduk.
kemudian, kunci lagi semua layer, dan buka kedua kunci layer paha dan kaki. lalu atur pivot pointnya tepat di tengah atas. kemudian putarlah seluruh objek hingga kaki miring kedepan. jangan lupa dengan kaki yg satunya lagi. kita ingin membuat karakter tersebut jatuh ke belakang yg disebut kalah. jadi hal tersebut sebenarnya bergantung pada kamu, tipe kalah yg kamu inginkan dan gayanya seperti apa itu kamu yg tentukan. disini saya ingin membuat karakter kalah tersebut terjatuh kebelakang seperti terlempar setelah di hit. untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat contoh gambar yg saya buat di bawah ini.
mengatur posisi lengan dan tangan agar menghadap ke depan |
berikutnya kita akan memutar semua objek hingga miring kebelakang. jadi seleksi timeline frame 5, klik kanan dan pilih insert keyframe. kamu bisa lihat frame 5 memiliki gambar yg sama dengan frame 1. itu artinya apapun yg kamu ubah sebelum keyframe di buat maka timeline keyframe tersebut akan memiliki objek yg sama dengan sebelumnya. sebagai contoh, kita mengubah frame objek di frame 5. saat keyframe baru dibuat di timeline 10, maka dia akan mengikuti gambar yg ada pada frame 5, kalau timeline 1 dan 5 berbeda, maka timeline frame 10 akan mengikuti frame 5 (objek terakhir) saat keyframe baru dibuat. sekarang kita kembali ke topik.
pastikan frame 5 aktif. buka semua kunci layer lalu atur pivot point di kanan bawah (bukan kanan karakter). lalu putar objek karakter tersebut hingga miring kebelakang. setelah itu, buat keyframe baru lagi di timeline 10. dan atur lagi pivot pointnya di tempat yg sama. selanjutnya putar objek karakter sampai kakinya terbaring. setelah itu, atur kepala dan tubuh karakter lurus seperti terbaring juga. jangan lupa untuk kaki yg satunya lagi, atur agar setengah terbaring. buat lagi keyframe baru di timeline 15. kunci semua layer dan aktifkan layer paha dan kaki yg setengah tadi. atur pivot pointnya dan dan atur agar lurus ke depan. lakukan juga pada objek lengan serta tangan karakter kita. setelah itu kunci kembali semua layer. sekarang karakter terlihat seperti K.O.
mengatur posisi karakter kalah |
setelah semua selesai, kunci semua layer dan buatlah motion tween dimulai dari frame 1 sampai 4, kemudian 5 sampai 9 dan terakhir, 10 sampai 14. untuk mengujinya, gunakan menu control dan pilih test scene. jika ada garis terputus saat movie clip dijalankan, perbaiki dengan cara yg telah saya tuliskan sebelumnya di part 3. sekarang kita telah selesai membuat gerakan animasi karakter kalah atau mati. dan saya rasa ini adalah akhir dari duplicate objek movie clip karakter karena berikutnya saya akan ajarkan kamu cara menggabungkan seluruh objek yg kita buat didalam movieclip. dan setelah itu kita akan membuat gerakan pertarungan karakter yg dimulai serangan tangan dan kaki didalam objek movie clip yg sudah bergabung menjadi satu.
selanjutnya: Membuat game 2d animasi karakter part 5. (belum diterbitkan)
yah, saya akan jelaskan nanti kenapa kita tidak membuat objek movie clip lagi. dan mungkin sebagian dari kalian sudah bisa menebaknya. jika ada yg belum kamu pahami atau ingin belajar dari awal. kamu bisa membaca tulisan saya ini dari awal lagi yaitu cara membuat game 2d dengan adobe flash CS part 1. disitu dijelaskan cara membuat gambar hingga membuat gerakan karakter ini. sampai bertemu lagi di tulisan saya yg lain dan salam hangat dari admin uyasur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih