beberapa waktu yg lalu, kita sudah membuat gambar karakter untuk game 2d flash. kemudian kita juga sudah membuat beberapa gerakan karakter tersebut hingga membuat beberapa objek collision untuk event yg ditentukan pada karakter kita. bagi kamu yg ketinggalan pelajaran atau ingin memulainya dari awal, maka silahkan baca cara membuat game 2d dengan adobe flash CS part 1. disitu kamu bisa memulai pelajaran hingga sampai kepada tutorial ini. nah, jika sudah paham dan mengerti cara membuatnya hingga mempelajari animasi karakter dan objek collision. maka kita akan lanjutkan dengan cara membuat kode action script 2 untuk game flash kita ini.
kamu tentu masih ingat dengan genre dari game kita ini bukan. sekarang siapkan flash CS dan buka kembali hasil kerja yg telah kita buat selama ini. setelah itu, aktifkan kembali scene karakter (objek movieclip karakter dimana kita telah membuat gerakannya, disini saya mengaktifkan karakter sur yg saya buat). kita akan membuat kode action script 2 untuk game flash. kita ingin setiap gerakan dari karakter kita berhenti saat mencapai akhir dari animasi. contohnya gerakan pukul1 yg memiliki 15 frame. saat animasi pukul1 dijalankan, maka kita ingin animasi tersebut berhenti di akhir yaitu pada frame 15. jika tidak menggunakan kode action script 2 yaitu stop(), maka animasi akan terus berjalan hingga akhir frame dan bukan pada akhir animasi pukul1. kecuali kita hanya membuat 1 animasi saja di dalam objek movieclip, maka kita tidak akan menggunakan kode action script stop() untuk menghentikan animasi yg berjalan.
ada juga frame yg berisi 1 movieclip (seperti yg telah kita sisipkan sebelumnya) maka tetap menggunakan kode stop(). jika tidak, maka ketika animasi dijalankan akan langsung bergerak menuju frame 2 hingga ada kode stop() atau akhir dari frame yg menghentikannya. dengan kode tersebut, frame akan berhenti. contoh frame 1 dengan movieclip karakter berjalan. karena kita membuat kode stop di frame 1 tersebut, maka dia akan berhenti disitu. tapi animasi didalam movieclip karakter_jalan akan tetap dijalankan kecuali kita juga buat kode tersebut di dalam movieclip karakter_jalan. saya harap kamu makin mengerti. hehehe
tentu saja sebagai pembatas animasi kita menggunakan blank keyframe yg di isi dengan script. nanti blank keyframe tersebut akan berubah menjadi simbol a atau @ di frame kita nanti. kamu bisa lihat contoh gambarnya dibawah ini setelah penjelasan saya selesai. waktu itu saya juga sempat membahas tentang kode pukul=1. fungsi dari kode tersebut adalah untuk menguji apakah karakter kita sedang memukul atau tidak. nanti kode ini akan disambungkan dengan kode utama di scene. sebenarnya kita juga bisa langsung menggabungkannya di skrip utama nanti. tapi untuk belajar mungkin lebih baik dipisahkan.
selain itu kita juga bisa belajar cara memanggilnya nanti. sedikit informasi tentang skrip utama. kita akan membuat kode pukul=0 yg artinya karakter sedang tidak memukul. kemudian saat kita menekan tombol pukul di keyboard. maka kode tersebut berubah menjadi pukul=1 yg artinya karakter sedang memukul. dan pada akhirnya jika kita menekan tombol pukul lagi di keyboard, maka tidak akan berfungsi karena kondisi karakter saat ini masih pukul=1. jika animasi selesai dijalankan. maka kondisi karakter akan berubah menjadi pukul=0 kembali. jadi fungsi sebenarnya adalah memastikan animasi memukul selesai terlebih dulu sehingga tidak terulang lagi yg bisa saja menyebabkan error pada game 2d kita.
penjelasan dan penerapan action script 2 di frame |
baiklah, mari kita mulai saja cara membuat kode action script 2 ini. di dalam scene karakter kita. buat layer baru bernama skrip diatas layer label. kemudian di frame 1. buka menu panel action dibawah di samping menu properties, jika tidak ada. maka buka menu window dan pilih action atau tekan tombol F9 di keyboard untuk menampilkan panel action script lalu kemudian letakkan di samping panel properties. selanjutnya, tulis kode di frame 1 seperti contoh dibawah ini. pastikan layer yg aktif adalah skrip dan frame 1.
pukul=0;
stop();
sekarang lihat frame 1 yg telah kamu tulis dengan action script memiliki simbol a atau @ yg berarti ada isi kode yg telah kita buat tadi. berikutnya buat blank keyframe baru di timeline 2. lakukan hal yg sama pada frame 2 dan 3. karena hanya ada 1 frame pada objek movieclip yg kita sisipkan. maka kita langsung buat kode stop() agar langsung berhenti di frame tersebut dan kode pukul=0; agar tombol berjalan bisa terus ditekan dan karakter pun bisa terus bergerak. selanjutnya buat blank keyframe baru lagi di timeline 4 dan tulislah kode dibawah ini.
pukul=1;
stop();
kode tersebut dibuat agar karakter melompat 1 kali saja. jadi saat melompat, ketika kita menekan tombol lompat lagi. maka tidak akan berfungsi. saya harap kamu sudah paham. berikutnya, buat blank keyframe baru lagi di timeline 5. lalu tuliskan kode dibawah ini.
pukul=1;
play();
karena kita ingin menjalankan frame animasi memukul, maka kita tulis kode play() di frame tersebut. kemudian akan kita hentikan di frame akhir dari animasi memukul yaitu frame 15. akan tetapi, kita tidak hanya menghentikan animasi memukul tersebut melainkan mengembalikan gerakan karakter tersebut ke awal yaitu karakter_siap dan tentu saja sudah berisi kode pukul=0. jadi buat keyframe baru lagi di timeline 15 dan tulislah kode di bawah ini.
gotoAndStop(1);
perlu kamu perhatikan, kode diatas case sensitive. artinya huruf besar dan kecil tidak boleh berbeda saat ditulis agar kode bekerja dengan baik. jika tidak, maka akan terjadi error. penjelasan bahasa indonesianya adalah, pergi dan berhenti di frame 1. ada juga kode lain yg mirip yaitu gotoAndPlay(5) yg artinya pergi dan jalankan frame 1. jadi saat kode play digunakan. maka ketika animasi selesai, timeline akan pergi ke frame 5 dan dan menjalankan gerakan animasinya hingga selesai atau menemukan kode stop(). akan kita bahas lagi nanti saat pembuatan halaman utama game 2d kita nanti. kembali ke topik.
sekarang buat blank keyframe baru lagi di timeline 16 dan tulislah kode yg sama yaitu pukul=1 dan play(). kita ingin menjalankan animasi memukul kuat. saya harap kamu sudah paham. jadi, buat blank keyframe baru di timeline 25 (lihat awal dan akhir gerakan karakter di layer label), 26, 35, 36, 45, 46, 48, 49 dan 51. untuk timeline 52, 53 animasi kena hit, tulislah kode dibawah ini.
pukul=1;
gotoAndStop(1);
jika ada 3 frame dari animasi kena hit ini. maka kodenya akan sama dengan sebelumnya. tapi karena hanya 1 frame saja. maka setelah kena hit, kita akan langsung kembali ke mode gerakan siap. nah untuk frame 53. terakhir, agak sedikit berbeda. yaitu frame 54 (animasi tangkis), tulislah kode dibawah ini.
stop();
sekarang semua sudah selesai dan karakter kita sudah siap untuk dimainkan. contoh gambar kode yg telah saya buat kamu lihat dibawah ini. dan seperti yg telah saya janjikan, ada PR (pekerjaan rumah) buat saya sendiri dan juga kamu yaitu, buatlah 1 karakter lagi sebagai pelengkap game dengan genre fighting ini karena kita memerlukan 1 karakter lawan.
tahap pembuatan keyframe baru dan action script 2 |
catatan saya: ada alternatif lain yg bisa kita lakukan dalam membuat karakter kedua, yaitu membuat dari awal atau kamu bisa duplicate seluruh objek dari karakter pertama yg kita buat lalu kemudian edit rambut, kepala, baju, gerakan dan sebagainya untuk karakter musuh. beri nama lain untuk karakter kedua kita saat duplicate. lalu pindahkan ke dalam folder baru dengan nama karakter_kedua. disini saya beri nama andy untuk karakter kedua saya. pindahkan juga beberapa objek movieclip karakter pertama seperti objek serang1 sampai 7 ke dalam folder karakter jika masih diluar.
petunjuk: duplicate dimulai dari objek graphic karakter dan ubah namanya menjadi karakter kedua. saat duplicate objek movieclip, gunakan swap symbol di setiap keyframe lalu pilihlah graphic yg telah kita ubah agar bisa diterapkan pada objek movielcip baru hasil duplicate kita. berlaku untuk semua movieclip.
selanjutnya: Membuat tampilan utama game 2d part 1.
jika PR (pekerjaan rumah) sudah selesai, kita akan lanjutkan lagi dengan membuat tampilan utama dari game 2d kita agar bisa dimainkan. sedikit info yg bisa saya berikan yaitu, di halaman atau tampilan utama game. ada tombol menu play, about, dan sebagainya. kita sendiri yg menentukan ok. sampai berjumpa lagi di tulisan saya yg lain dan salam hangat dari admin uyasur. tulisan yg berikutnya akan sedikit lama untuk di update karena saya juga akan menyelesaikan gambar untuk game karakter kedua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih