Minggu, 12 Maret 2017

Membuat game 2d animasi karakter part 3

Beberapa waktu yg lalu kita sudah mulai membuat gerakan pertama dari karakter game 2d kita. kali ini kita akan membuat gerakan kedua yaitu karakter berjalan. karena sebelumnya kita sudah membuat karakter bersiap. jadi kita ingin karakter game 2d kita bisa berjalan. saya harap pada tulisan saya yg dulu sudah bisa membuat kamu mengerti tentang pivot point dan cara menerapkannya pada gambar karakter sehingga kita bisa memutar objek tersebut tanpa memutuskan sambungan antar garis dari gambar karakter kita. begitu juga dengan frame, label dan keyframe pada timeline animasi. sekarang kita mulai saja ya.

seperti biasa, siapkan flash CS kamu, buka kembali hasil kerja yg telah kamu simpan yaitu game pahlawan. kemudian duplicate objek movie clip karakter_siap dan beri nama karakter_jalan. hapus seluruh frame 2 sampai 10 (frame yg telah kita buat sebelumnya) di semua layer dan pastikan hanya frame 1 yg ada di objek movie clip karakter_jalan. caranya seleksi frame 5 sampai 9 kemudian klik kanan dan pilih remove tween, lakukan hal yg sama di frame 2 sampai 4. kemudian seleksi lagi dimulai dari frame 2 sampai 10. klik kanan dan pilih remove frame. selanjutnya buat kembali keyframe baru dan pastikan di keyframe 5 dan 10 karakter dalam posisi yg sama dengan frame 1 yaitu karakter siap.

langkah membuat movie clip baru yaitu karakter berjalan
langkah membuat movie clip baru yaitu karakter berjalan

sekarang mari kita buat animasi karakter kita agar berjalan. jadi  aktifkan timeline frame 5, kemudian buka kunci layer paha dan kaki kanan karakter. gunakan transform tools dan atur pivot point kaki karakter ke atas, kemudian dorong kedua objek yaitu paha dan kaki tersebut mendekati kaki kiri karakter. lalu  kunci kedua layer tersebut, kemudian buka kunci layer paha dan kaki kiri karakter, lalu gunakan transform tools lagi dan dorong ke belakang kaki kanan karakter. setelah selesai,  kunci kembali dan buat motion tween dari frame 1 sampai 4. lakukan hal yg sama dengan frame 5 sampai 9. gunakan menu control di atas dan pilih test scene untuk menguji karakter berjalan dengan baik. jika ada yg ingin kamu ubah atau perbaiki, maka silahkan diperbaiki. misalnya, biarkan saja kaki kanan (yg menghadap ke depan) diam dan kaki kiri bergeser seperti karakter berjalan namun tetap siaga. atau tangan juga ikut bergerak saat berjalan dan sebagainya.

membuat gerakan karakter berjalan di timeline frame 5
membuat gerakan karakter berjalan di timeline frame 5

sampai disini kita telah selesai membuat animasi karakter berjalan. sangat mudah bukan. kalau begitu saya akan tambahkan lagi tulisan saya ini. simpan hasil kerjamu dan keluar dari objek karakter_jalan. kita lanjutkan lagi. sekarang duplicate lagi objek karakter_siap dan berilah nama karakter_lompat. lakukan hal yg sama pada objek movie clip karakter_lompat yaitu hapus dari frame 2 sampai 10 dengan cara yg sama seperti langkah objek karakter_jalan. kemudian buat kembali keyframe di timeline 5 (kali ini kita tidak membuat sampai frame 10). buka kunci layer lengan dan tangan kanan, lalu putarlah kedua objek tersebut ke atas (seperti sedang melompat). lalu atur tangan karakter agar menghadap ke atas.

lakukan hal yg sama pada lengan dan tangan kiri lalu kunci kembali. kemudian buka kunci layer paha dan kaki kanan. lalu atur objek kaki seperti sedang melompat caranya putar objek kaki ke belakang lalu putar objek paha ke depan. setelah itu kunci kembali kedua layer tersebut dan buatlah motion tween untuk animasi karakter lompat. sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.

membuat gerakan karakter melompat di timeline frame 5
membuat gerakan karakter melompat di timeline frame 5

Catatan penting bagi kamu, saat saya test movie clip karakter loncat, saya melihat bahwa gerakan tangan terputus dengan garis lengan dan tidak berputar dengan benar saat dijalankan, untuk memperbaikinya, pilih frame 2 (error ini terjadi saat motion tween dibuat, cek setiap frame untuk melihat garis gambar tangan terputus) buka kunci layer tangan. gunakan transform dan selection tools untuk mengubah posisinya atau putar hingga garisnya tersambung kembali dengan garis lengan. jika kamu lihat, frame yg semula adalah motion tween akan berubah jadi keyframe baru dan berisi objek gambar tangan. dan keyframe tersebut hanya ada pada layer tangan.

cek juga frame 3 dan 4 jika masih terputus.jangan lupa untuk garis tangan yg satunya dan kaki jika garisnya terputus. setelah itu test kembali movie clip dengan menu control test scene. penyebab error ini karena durasi waktu timeline yg berjalan terlalu singkat atau pivot point tidak tersambung dengan benar. bisa dibilang saya mengajarkan kamu cara memperbaiki gambar terputus saat motion tween dibuat dan hal ini wajar serta sering terjadi saat membuat motion tween dengan durasi waktu yg cepat (untuk gerakan karakter tertentu). untuk lengan dan tangan kanan jika berada dibelakang kepala, maka pindahkan seluruh layer kepala, rambut, mata dan mulut ke bawah layer lengan dan tangan. jadi saat di test, kamu bisa lihat lengan dan tangan karakter berada di depan kepala. kecuali untuk lengan dan tangan kiri. hanya itu pesan dari saya.

sekarang kita juga telah selesai membuat karakter kita bisa melompat. berikutnya kita akan membuat animasi karakter kalah (ingat, genre game ini tipe fighting). jadi simpan kembali hasil kerjamu dan pastikan semua layer sudah di kunci. jadi hari ini kita bisa menyelesaikan 2 objek movie clip.


beberapa animasi yg akan kita buat selanjutnya mungkin mudah dan cepat dalam mengerjakannya, tapi ada juga yg susah. jadi tetap semangat dan terus berusaha dalam mencapai impian untuk membuat game. demikian tulisan dari saya, dan sampai bertemu lagi di tulisan saya yg lain. salam hangat dari admin uyasur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih