Kamis, 16 Maret 2017

Membuat game 2d animasi karakter part 5

Pada tulisan saya sebelumnya, kita sudah membuat berbagai animasi gerakan karakter untuk game 2d kita dengan genre game fighting. ada gerakan berjalan, melompat, siaga, hingga karakter kalah. namun semua itu tidak akan berfungsi dengan baik jika kita tidak bisa menggunakannya dengan kontrol game. animasi karakter tersebut sebenarnya juga bisa difungsikan secara terpisah. tapi alangkah baiknya jika kita menggabungkan objek tersebut di dalam satu movieclip saja yaitu objek karakter (sur). selain itu, kita bisa dengan mudah memanggilnya di dalam satu action script. dan kode yg dituliskan pun tidak panjang.

yah, jika objek dipanggil secara terpisah dan apabila ukuran dari setiap objek berbeda, maka saat dipanggil akan berbeda juga. tapi dengan menggabungkannya, kita bisa menyamakan ukuran dan posisi. jadi saat dipanggil di action script maka tiap gerakan karakter akan memiliki ukuran dan posisi yg sama. selain itu, saat game selesai dan kita ingin memulainya dari awal lagi (reset game), maka akan sangat susah jika objek movieclip terpisah. jadi lebih baik objek tersebut bergabung. kita juga bisa memberi frame label untuk tiap gerakan yg sudah bergabung dalam satu movie clip sehingga memudahkan kita untuk memanggilnya melalui action script.

jika kamu belum tahu tentang action script, maka tenang saja, setiap kode action script yg ditulis akan dijelaskan oleh saya sendiri nanti. jadi, sekarang kita mulai saja membuat gerakan lainnya serta menggabungkan seluruh gerakan karakter yg telah kita buat sebelumnya. siapkan flash CS kamu lalu buka hasil kerja yg telah dibuat sebelumnya. jika kamu pikirkan, sebenarnya ada 4 dasar gerakan yg belum kita buat untuk game tipe fighting ini. yaitu, pukulan lemah dan kuat. kemudian tendangan lemah dan kuat. gerakan lain yg bisa kita buat adalah skill, pukulan dan tendangan lompat, sihir dan sebagainya. 

karena game ini saya buat untuk pemula yg ingin belajar membuat game 2d. maka saya rasa cukup dasar game sederhana ini saja. mungkin akan saya tuliskan di lain waktu untuk game yg komplit ketika saya membuat game baru nanti. saya memiliki rencana untuk membuat game side scrolling adventure. karakter yg memiliki skill dan sebagainya. tapi saya akan coba membuat game tersebut di unity game 2d/3d. hingga saat ini saya telah membuat 2 game dengan genre fighting dan adventure side scrolling menggunakan adobe flash CS ini. dan sekarang saya sedang memikirkan ide untuk membuat game baru dan mencoba belajar aplikasi unity. untuk game 3d, saya pernah coba untuk membuat game survival dan masih setengah dari kata selesai.

sebaiknya kita kembali ke topik. untuk memulainya, duplicate movie clip karakter_siap dan berilah nama karakter (sebenarnya karakter awal yg telah kita buat pertama kali dan objek tersebut sudah di backup. tapi karena lupa mengubahnya menjadi karakter siap, maka hapus objek karakter awal kita dan duplicate objek movieclip karakter_siap lalu beri nama yg sama dengan karakter awal. contoh nama sur). kemudian hapus motion tween serta frame dimulai dari timeline 2 sampai 10. kemudian drag seluruh keyframe 1 ke timeline 5 (kita kosongkan frame 1 sampai 4 untuk objek movieclip yg kita buat sebelumnya seperti karakter_jalan, lompat dan kalah). bersiaplah karena timeline frame kali ini akan sangat panjang.

agar kamu lebih paham, buatlah 2 layer baru dan letakkan di atas semua layer. beri nama label (untuk memberi tanda atau nama seperti pukulan lemah dan kuat) dan klip (tempat meletakkan movieclip yg sudah kita buat sebelumnya seperti karakter_jalan dan sebagainya). selanjutnya pastikan layer label berada diatas layer klip. kemudian kunci kedua layer tersebut dan kembali ke timeline frame 5 dimana kita meletakkan gambar yg kita buat yaitu karakter siap.

membuat layer baru untuk nama gerakan dan objek yg digabungkan
membuat layer baru untuk nama gerakan dan objek yg digabungkan

kemudian buat keyframe baru di timeline 10 dan 15. setelah itu, aktifkan frame 10 dan atur posisi karakter seperti memukul dengan tangan kanan dan kepala serta tubuh karakter sedikit menunduk (nanti kita atur damage yg didapatkan kecil karena kita membuat gerakan karakter memukul lemah). gerakan karakter tersebut ditentukan oleh kamu jadi silahkan gunakan kreatifitas jika kamu ingin mengubah dan memperbaikinya. setelah selesai, buat motion tween dimulai dari frame 5 sampai 9, kemudian frame 10 sampai 14. selanjutnya kita akan memberikan nama untuk gerakan karakter. karena kita hanya memberi nama dan tidak mengisi gambar. jadi pilih frame 2 di layer label. klik kanan dan pilih insert blank keyframe (akhirnya berguna juga). lakukan hal yg sama sampai frame ke 5. 

sebagai penjelasan, di timeline 1 hingga 4 akan digunakan untuk memberi nama pada klip yg akan kita gabungkan nanti. jadi kamu bisa langsung berikan nama atau nanti setelah movieclip di isi. sekarang kita lanjutkan pemberian nama label untuk gerakan karakter memukul lemah sebelumnya. aktifkan timeline 16 di layer label untuk memberi akhir gerakan serta memberi nama untuk gerakan yg lain, klik kanan dan pilih insert blank keyframe lagi. saat gerakan memukul lemah dijalankan atau dipanggil melalui action script, maka gerakan tersebut akan dimulai dari timeline 5. begitu juga dengan frame 16 untuk gerakan yg lain dan jika tidak dipanggil melalui action script, maka tidak akan berjalan. tapi untuk frame 5 yg sudah berjalan sebelumnya harus berhenti dengan script stop() . jika tidak, frame yg berjalan akan terus melewati timeline 16 hingga akhir dari frame. begitulah systemnya. jadi jika kamu jalankan di timeline 16, maka gerakan akan dimulai dari situ hingga akhir jika tidak dihentikan dengan script stop(). akan kita bahas nanti tentang action script.

berikutnya pilh frame 5, lalu di properties bagian bawah menu bertuliskan frame dengan kotak isian teks, beri nama pukul1 (harus di ingat karena nama ini yg akan kita panggil melalui action script nanti). jika kamu lihat di layer label, maka akan muncul tanda bendera dengan nama yg sama saat kita mengisinya. begitulah cara memberikan nama untuk gerakan karakter game 2d kita yg bisa dipanggil melalui action script nanti.

gerakan karakter game memukul lemah
gerakan karakter game memukul lemah

karena saya rasa akan memerlukan waktu yg sedikit lama jika membuat gerakan dan nama secara bersamaan. maka kita fokus dan selesaikan dulu pembuatan gerakan karakter lalu setelah itu memberi nama. berikutnya adalah gerakan karakter memukul kuat. jadi masih pada timeline kita tadi. buat 2 keyframe baru lagi di timeline 20 dan 25 di semua layer kecuali label dan klip. kemudian aktifkan timeline 20 dan buka kunci layer (seperti yg sudah saya ajarkan sebelumnya saat kita membuat gerakan karakter kita seperti berjalan dan sebagainya). buat gerakan karakter memukul kuat dengan tangan kiri di frame 20. kemudian buat motion tween lagi seperti biasa dimulai dari frame 15 sampai 19, kemudian frame 20 sampai 24. sampai disini kita telah selesai membuat 2 gerakan dasar dari karakter game 2d ini.

gerakan karakter game memukul kuat
gerakan karakter game memukul kuat

itu adalah hasil gambar serta gerakan yg saya buat sendiri. karena tulisan ini terlalu panjang, maka akan saya sambung di part selanjutnya.


jika kamu ketinggalan atau tidak tahu dimana harus memulai cara membuat game 2d dengan flash ini. maka silahkan baca tulisan saya tentang membuat game 2d dengan adobe flash Cs part 1 tentang desain gambar background dan karakter. sampai bertemu lagi di tulisan saya yg lain serta tetap semangat dalam membuat game ini hingga selesai dan salam hangat dari admin uyasur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih