Jumat, 14 April 2017

Membuat tampilan utama game 2d part 2

beberapa waktu lalu, kita sudah membuat background utama game kita sebagai tampilan atau halaman depan game. kemudian kita juga sudah membuat 2 atau lebih tombol menu untuk memulai permainan serta halaman tentang developer game yaitu kita sendiri. nah pada kali ini, kita akan membuat halamannya. namun sebelumnya ada yg terlupa oleh saya, yaitu memberi nama instance pada kedua tombol yg telah kita buat sebelumnya. jadi siapkan flash dan buka kembali game yg telah kita buat yaitu game pahlawan. kemudian, klik salah satu tombol dan beri nama instance di properties dibawah. beri nama yg sama dengan library kita yaitu, tombol1 dan 2. kamu juga bisa beri nama lain jika di inginkan yaitu, new game dan about.

sekarang kita akan melanjutkan pembuatan gamenya. buat keyframe baru di timeline 2 pada layer bg. jadi jika kita lihat, background utama akan ada di frame 2. selanjutnya, buat blank keyframe baru di timeline 2 pada layer konten. kemudian buatlah sebuah kotak dengan rectangle tools. selanjutnya isilah kotak tersebut dengan tulisan tentang kita. setelah itu, seleksi kotak halaman beserta tulisan yg kita buat tadi, klik kanan dan pilih convert to symbol. lalu beri nama bg_about dengan tipe graphic. kemudian buatlah atau duplicate 1 tombol lagi dan letakkan di sebelah kanan bawah halaman about game. beri nama tombol tersebut kembali.jangan lupa untuk mengubah tulisan about menjadi kembali jika menggunakan duplicate symbol. begitu juga dengan instance namenya.setelah itu, buat blank keyframe lagi di timeline 2 pada layer label. dan beri nama frame tersebut dengan nama about. setelah semua selesai, kunci semua layer. sebagai contoh bisa kamu lihat gambar dibawah ini.

Langkah membuat halaman about game 2d
Langkah membuat halaman about game 2d

lalu kita kembali ke timeline 1. aktifkan layer skrip dan tulislah kode berikut ini di action panel. tekan tombol F9 jika action panel belum ada.

stop();
tombol2.onRelease = function() {
gotoAndStop("about");
}

setelah itu, buat blank keyframe di timeline 2 pada layer skrip dan pastikan bahwa layer skrip aktif. kemudian tulislah kode dibawah ini.

stop();
kembali.onRelease = function() {
gotoAndStop("awal");
}

simpan hasil kerja kita dan test game yg kita buat di menu control, test scene atau movie. kemudian klik tombol menu about di game. jika halaman berubah ke frame about dan jika kita klik tombol kembali dan halaman tersebut kembali ke awal, maka kamu telah berhasil membuatnya. dan berikut ini penjelasan kode yg telah kita buat sebelumnya.

kode untuk membuat tombol ke halaman 2 game berfungsi
kode untuk membuat tombol ke halaman 2 game berfungsi

kode stop() digunakan untuk menghentikan frame agar tidak langsung menuju ke akhir frame. contoh frame 1 dan 2 yg kita buat. jika tidak ada kode tersebut, maka saat kamu menjalankan game dengan test scene atau movie. maka gamenya akan langsung menuju frame akhir yaitu timeline 2. maka dari itu dibuat skrip kode stop().begitu juga dengan isi yg ada di timeline 2. kemudian kode tombol2.onRelease() adalah perintah yg digunakan untuk tombol2 yg disebut sebagai instanceName.onRelease. kamu masih ingat dengan instance name yg kita buat yaitu tombol2 dan kembali. maka itulah cara memanggil dan membuat fungsinya. 

Selanjutnya, kode onRelease dalam arti bahasa indonesia adalah saat tombol sudah di klik (dilepas/release), maka jalankan perintah yg ada di dalam kurung. gotoAndStop("about") artinya, pergi dan stop di frame yg di inginkan yaitu about dan awal. selain frame about dan awal. kita juga bisa mengisinya dengan nomor 1 dan 2. dan tujuan tombol tersebut tetap sama baik halaman awal atau 1 dan about atau 2. terakhir adalah = function(). artinya kode ini memiliki tipe fungsi yg akan dijalankan jika tombol ditekan.untuk action script 3 (AS 3), kode tersebut tidak lagi digunakan. jadi karena kita membuatnya dalam tipe Action script 2 (AS 2). maka kode inilah yg kita tulis.

untuk memudahkan kita dan agar bisa di ingat. ada baiknya memberi nama pada label frame, karena akan sangat mudah untuk dipanggil. bayangkan jika kita memiliki banyak frame dan gerakan sehingga kita lupa dimana awal frame gerakan tersebut. tapi dengan nama. maka kita tidak perlu mengingat di frame berapa awal dan akhir dari gerakan kita. semoga kamu paham dengan penjelasan saya.

yg berikutnya saya rasa tulisannya terlalu panjang. jadi untuk yg berikutnya kita akan membuat halaman pemilihan karakter saat tombol new game ditekan. akan saya lanjutkan nanti.

Selanjutnya: Membuat tampilan utama game 2d part 3. (belum diterbitkan)

setelah membuat halaman pilih karakter game. kita juga akan membuat halaman untuk memilih arena pada permainan game 2d kita. jadi tetap semangat dan sampai bertemu lagi pada tulisan saya yg lain. salam hangat dari admin uyasur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih