berjumpa lagi dengan saya admin uyasur. setelah agak lama saya tidak update tulisan karena sedang menyelesaikan karakter kedua dari game kita yg dulu pernah dibuat yaitu game dengan genre fighting. maka hari ini saya bisa menulis lagi untuk melanjutkan tulisan yg sebelumnya telah saya jelaskan. sekarang apakah Pekerjaan rumah kamu juga sudah selesai atau belum?
jika sudah, maka kita akan bersiap untuk membuat halaman depan atau tampilan utama dari game 2d yg kita buat sebelumnya. dalam tampilan utama game 2d kita nanti akan ada tombol untuk memulai game yaitu start game, instruksi, credits atau about. kamu juga bisa tambahkan tombol lainnya seperti option dan sebagainya. nah jika kamu penasaran dengan karakter kedua yg telah saya buat, maka kamu bisa lihat gambar dibawah ini.
hasil gambar karakter kedua yg saya buat |
sebenarnya saya juga ingin melihat gambar karakter kedua yg telah kamu buat. jadi mungkin kamu bisa perlihatkan hasilnya nanti kepada saya juga. sekarang kita akan mulai saja cara membuat tampilan utama game 2d kita ok. persiapkan flash kamu dan buka kembali hasil kerja yg telah kita buat yaitu game pahlawan. kali ini kita tidak akan mengaktifkan scene apapun melainkan langsung membuatnya di scene 1. disinilah tampilan utama game kita dimulai. pastikan timeline frame kita berada di posisi 1. ubah nama layer1 menjadi bg. kemudian buat 3 layer baru lagi dan beri nama sebagai berikut. skrip, label, konten.
setelah itu, aktifkan layer bg dan gunakan rectangle tools untuk membuat background tampilan depan game ini dan berilah warna yg kamu suka. disini saya beri warna agak hitam. selanjutnya gunakan text tools untuk memberi nama judul game dan atur warna teks tersebut. setelah itu letakkan tulisan tersebut di tempat yg kamu suka. disini saya letakkan di kiri atas layar saya dan dibawah. kemudian seleksi objek background tersebut, klik kanan dan pilih convert to symbol. kemudian beri nama bg_utama dengan tipe graphic. setelah itu, kunci layer bg dan aktifkan layer konten. kamu bisa tambahkan beberapa gambar lainnya sebagai pelengkap tampilan utama game kita. disini saya tambahkan gambar karakter di layar kiri. sebagai contoh bisa kamu lihat gambar di bawah ini.
langkah membuat background utama game 2d |
berikutnya kita akan membuat tombol menu untuk game 2d kita. sebenarnya ada 2 cara yg bisa kita lakukan untuk membuat tombol menu. yg pertama menggunakan template standar yg telah disediakan. dan yg kedua adalah dengan cara manual. yaitu membuat sendiri tombol tersebut. disini saya menggunakan cara manual. jadi bagi yg ingin membuatnya melalui template bisa memilih menu window, common library, buttons. dan bagi yg ingin membuatnya secara manual maka bisa ikuti cara yg saya gunakan ini.
masih di layer konten dan timeline 1. gunakan rectangle, oval atau line tools untuk membuat tombol. atur warna dan ukurannya sesuai dengan yg kamu inginkan. setelah itu, seleksi tombol tersebut, klik kanan dan pilih convert to symbol.kemudian beri nama tombol1 dengan tipe button. setelah itu kita bisa mengedit tombol tersebut sesuai dengan yg kita inginkan dengan cara klik 2 kali pada objek tombol tersebut, kemudian buat layer baru bernama text dan pastikan aktif. tambahkan tulisan di dalam tombol menggunakan text tools. kemudian insert keyframe di setiap frame tombol tersebut dimulai dari over dan down agar gambar dan pastikan frame text juga ada sampai pada frame hit. kemudian aturlah warna pada masing2 keyframe over dan down. agar tombol tersebut berubah saat dijalankan. misalnya saat mouse di arahkan dan mengenai tombol tersebut maka warna tombol berubah dan begitu juga dengan tulisan jika kamu ingin mengubahnya. buat keyframe baru untuk tulisan dan atur warnanya jika ingin berubah.
sebagai penjelasan agar kamu lebih paham. frame label up berfungsi ketika mouse sudah di klik dan juga berfungsi sebagai awal ketika mouse belum mengenai tombol. over berfungsi ketika mouse mengenai tombol tersebut. down berfungsi ketika mouse di klik dan belum dilepas dan terakhir hit yg sedikit lupa fungsinya. dan menurut saya fungsinya hanya sebagai latar belakang ketika mouse sudah di klik atau mungkin ada fungsi yg lainnya. tapi yg sering digunakan adalah ketiga fungsi yaitu up, over dan down. akan tetapi, kita harus tetap mengisi frame hit agar tidak terjadi masalah nanti. sekarang sudah paham kan.
selanjutnya, buat 1 tombol baru lagi yaitu tentang about atau credits. dan beri nama tombol2. kamu bisa duplicate tombol1. jika ingin menambahkan maka silahkan seperti halaman instruksi dan sebagainya. jika kita test game yg kita buat maka tombol sudah bisa berfungsi namun belum bisa membuka halaman baru. kita akan membuat kode dan halamannya nanti. inilah hasil gambar yg telah saya buat dibawah ini.
Langkah membuat tombol menu game |
nah, jika semua sudah selesai. berilah nama label pada frame awal kita ini di layer label. disini saya beri nama awal. jika sudah, maka saya ucapkan selamat buat kamu karena telah berhasil membuat tampilan depan game 2d kita yaitu game pahlawan. berikutnya kita akan membuat kode action script 2 agar semua tombol berfungsi dan menuju ke halaman game yg di inginkan misalnya new game, about, credits, instruksi dan sebagainya.
selanjutnya: Membuat tampilan utama game 2d part 2.
jika tulisan saya tidak panjang nanti di part 2. maka kita akan langsung membuat halaman kedua dari game kita ini. dan kamu bisa langsung uji halaman tersebut dengan tombol. kita juga akan coba untuk membuat halaman kembali agar pemain game kita bisa kembali ke halaman sebelumnya, misalnya ingin memilih karakter kembali dan sebagainya. jadi tetap semangat ya. sampai berjumpa lagi di tulisan saya selanjutnya dan salam hangat dari admin uyasur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih