Selasa, 28 Februari 2017

Membuat game 2d dengan adobe flash CS part 7

Berjumpa lagi dengan saya admin blog ini uyasur. kali ini kita akan menggambar karakter untuk game 2d kita. bukan hanya itu, kita juga akan membuat karakter tersebut bergerak. selain itu, saya memiliki beberapa penjelasan yg penting sebelum membuat gambar karakter tersebut, pertama kita harus mengetahui tentang pivot point, simbol movie clip dan graphic. saya akan coba jelaskan disini dan berharap kamu bisa memahaminya. pivot point adalah sebuah titik dimana saat kita memutar sebuah objek gambar, maka putaran dari gambar tersebut dimulai dari titik pivot sehingga gambar tidak tergeser sedikitpun. saya yakin kamu belum paham dan saya juga waktu itu tidak paham. tapi tenang saja, setelah melihat contoh gambar yg saya buat di bawah ini nanti maka kamu akan paham.

perlu kamu ketahui, pivot point juga sebagai penyambung untuk objek gambar. misalnya ada lengan dan tangan. saat tangan digerakkan ke depan, maka pivot point menjaga sambungan antara objek lengan dan tangan tersebut agar tidak terputus. kita bisa mengatur pivot point saat membuat symbol baru dan saat mengedit objek gambar tersebut. kita juga bisa mengatur posisi pivot point menggunakan transform tools. pada objek 3d sebenarnya juga memiliki pengaturan pivot point. tapi entah berbeda atau sama.

penjelasan tentang pivot point animasi karakter
penjelasan tentang pivot point animasi karakter

sekarang saya rasa kamu sudah paham. jadi kita bisa mulai untuk membuat gambar karakter kita. oh iya, graphic juga sangat penting walaupun kita membuat simbol movie clip. karena dengan graphic. kita bisa mengganti gambar rambut karakter seperti mengganti perlengkapan karakter. selain itu jika kita tidak membuat graphic, maka kita akan kesulitan untuk mengubah dan memperbaiki karakter kita. jadi di dalam simbol movie clip ada graphic. jika kamu masih belum paham. nanti kamu akan paham sendiri saat proses pembuatan gambar karakter kita nanti. jadi kita mulai saja ok. pertama, siapkan adobe flash CS dan buka hasil kerjamu yg  sebelumnya yaitu game pahlawan. selanjutnya, klik kanan pada panel library, pilih new folder. beri nama karakter. disini kita akan memyimpan seluruh gambar karakter kita.

kali ini kita tidak akan mengaktifkan scene background melainkan membuat simbol baru. ada 2 cara yg saya ketahui, yg pertama adalah membuat simbol baru didalam menu insert (di menu atas). cara yg kedua adalah klik kanan di panel library, lalu pilih new symbol. beri nama karakter kamu, contohnya dragon (disini saya beri nama sur). kamu bisa beri nama lain sesuai dengan yg kamu inginkan. saat pemberian nama, pilih tipe simbol movie clip. terakhir pilih tombol ok untuk membuat simbol baru. selanjutnya, pastikan scene yg aktif adalah nama karakter kamu. kemudian lihat panel library untuk memastikan objek movie clip dengan nama karakter sudah ada. drag simbol karakter tersebut ke dalam folder yg kita buat sebelumnya di library hingga folder tersebut berubah bentuk menjadi ada isinya. 

membuat folder baru dan juga simbol baru
membuat folder baru dan juga simbol baru

selanjutnya rename layer 1 menjadi kepala dan mulailah menggambar kepala. gunakan oval atau line tools untuk membuat gambar. setelah itu gunakan selection tools untuk membentuk kepala. ikuti contoh gambar yg saya buat di bawah ini. saya menggunakan line tools. disini saya miringkan sedikit ke kanan garis bawahnya agar karakter menghadap ke kanan. mungkin lebih mudah bagi kamu jika menggunakan oval tools karena langsung membentuk garis bulat. lalu kamu tinggal menggunakan selection tools untuk menurunkan garis yg ada di bawah dan menggesernya sedikit ke kanan hingga menjadi kepala yg menghadap ke kanan. untuk ukuran gambar tidak masalah jika besar. kita bisa mengecilkannya dengan transform tools nanti. yg penting gambar tersebut sesuai bentuknya. misalnya gambar kepala dan tubuh harus pas ukurannya walaupun ukuran keseluruhannya besar. jika gambar kepala atau wajah tersebut terlalu lebar. gunakan transform tools hingga pas seperti wajah.

membuat gambar kepala menggunakan line dan selection tools
membuat gambar kepala menggunakan line dan selection tools

setelah itu. gunakan paint tools untuk memberi warna dan terangkan sedikit warnanya agar pas dengan warna kulit. berikutnya seleksi gambar kepala tersebut, lalu klik kanan dan pilih convert to symbol. beri nama seperti kita membuat simbol baru sebelumnya. disini saya beri nama kepala_sur. pilih tipe graphic dan atur pivot pointnya di kiri bawah. pastikan objek kepala dengan tipe graphic ada di library kita dan gambar kepala tersebut menjadi bergabung (group) objek seperti saat kita menekan tombol group. bedanya dengan convert to symbol itu  membuat objek baru di library. sedangkan group tidak. (jika kamu ingin memperbaiki gambar tersebut, klik 2 kali pada objek gambar kepala yg telah di convert menjadi simbol graphic lalu editlah gambar tersebut). setelah itu pindahkan objek gambar kepala yg ada di library ke dalam folder karakter. kunci layer  gambar kepala tersebut.

memberi warna dan kecerahan pada gambar kepala
memberi warna dan kecerahan pada gambar kepala

selesai sudah pembuatan gambar kepala. yg berikutnya kita akan membuat gambar mata. jadi sampai disini dulu tulisan dari saya tentang membuat game 2d part 7 untuk gambar kepala. kamu bisa edit kembali gambar kepala jika kamu merasa tidak pas dengan pewarnaan gambar dan sebagainya.


sebagai tips, kamu juga bisa menambahkan folder baru di dalam folder karakter sesuai dengan nama karakter yg kamu inginkan. hal ini dilakukan agar nanti gambar untuk misalnya karakter a dan b tidak tergabung hingga membuat kita bingung saat mengubah atau menambahkan gambar. ibaratnya sebagai kategori dan nama objek boleh sama dengan nama folder. demikian tulisan dari saya tentang cara membuat gambar kepala untuk karakter game 2d kita dan sepertinya agak sedikit lama untuk diselesaikan karena memerlukan proses dalam pembuatan gambar screenshot. sampai bertemu lagi di tulisan saya yg selanjutnya dan salam hangat dari admin uyasur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih