Rabu, 22 Februari 2017

Membuat game 2d dengan adobe flash CS part 1

Sebelum saya memulai tutorial ini, saya akan beritahu kalian bahwa bagi kita yg tidak terlalu baik dalam menggambar. maka tidak perlu bersedih. saya sendiri juga tidak hebat dalam menggambar namun akhirnya bisa membuat 1 sampai 2 game flash. dan tentu saja hal ini tidak akan menghalangi impian kita dalam membuat game yg sering ingin kita buat selama ini. bahkan dengan gambar seadanya serta cerita yg sangat menarik maka akan membuat game kita jadi seru untuk dimainkan. bagi kamu yg baru saja menyelesaikan 1 pembuatan game dan ternyata tidak begitu menarik, maka tidak perlu risau. semakin sering kita belajar dalam membuat game, maka keahlian kita akan semakin meningkat. dan tentu saja bagi yg baru pertama kali membuatnya akan merasakan kesusahan. tapi semakin lama akan semakin mudah.

nah, untuk game pertama yg akan kita buat ini memiliki genre fighting. saya sendiri mempelajari cara membuat game ini dari sebuah buku dan saya sangat berterima kasih kepada penulis buku tersebut. sebelum kita mulai, saya pastikan kalian sudah mempersiapkan bahan yg sudah saya jelaskan pada tulisan pertama saya di blog ini. jadi kita mulai saja tutorial ini.

Pertama, siapkan adobe flash cs, kemudian pilih action script 2 untuk membuat game. kemudian atur ukuran game untuk layar sesuai dengan keinginan kalian. letaknya ada di panel bawah, jika tidak ada maka pilih properties. disini saya atur ukuran game ke 640 x 480. lihat contoh gambar di bawah ini.

Tampilan awal properties saat action script 2 dibuat
Tampilan awal properties saat action script 2 dibuat

Didalam setting ukuran ada title, description, size dan frame rate. title adalah judul dari game kita. sebagai contoh game yg saya buat kali ini saya beri nama pahlawan. kemudian untuk description sendiri saya kurang tahu. tapi menurut saya disini kita bisa isi copyright serta nama pembuatnya. sebagai contoh saya tulis seperti ini. game pahlawan created by uya sur copyright 2017. selanjutnya size, disini kita bisa atur ukuran game kita sesuai dengan keinginan kita (ukuran layar game). dan ukuran ini berguna saat game dimulai, jika komputer memiliki spesifikasi yg rendah, maka saya sarankan ukuran yg sudah saya jelaskan di atas. kemudian ada frame rate. defaultnya adalah 12. tapi jika game yg kita miliki terasa lambat. maka kita bisa tingkatkan frame ratenya. tergantung saat kita membuat game tersebut.

Sebagai contoh, 1 animasi (gerakan seperti langkah kaki kanan bergerak 1 kali) dari frame 1 sampai 20 dengan frame rate 12 sangat lambat, maka kita tingkatkan lagi frame rate tersebut menjadi 14 sampai 24. semakin tinggi frame rate maka semakin tinggi pula kinerja komputer dalam memproses game yg kita miliki. ada 2 cara untuk membuat game kita berjalan stabil. pertama adalah dengan frame rate (paling mudah jika game sudah banyak animasi). dan yg kedua adalah dengan mengurangi jumlah frame. contohnya frame 1 sampai 20 tadi kita kurangi jadi 15 atau 10 saja. tapi ada juga saat frame sudah dikurangi game masih lambat. jadi kita bisa gunakan frame rate untuk memperbaikinya. dan tentu saja frame rate ini bisa kita ubah nanti walaupun sudah di setting sebelumnya. jadi silahkan sesuaikan dengan keinginan kamu. begitulah penjelasan yg bisa saya sampaikan.

Setelah kita selesai mengatur persiapan dalam pembuatan game kita. maka save file dan tentukan letak folder game yg ingin kita simpan. hal ini juga membantu jika listrik mati, kesalahan dalam membuat gambar dan sebagainya. jika sudah, lanjutkan dengan membuat background game. dimulai dari latar belakang cahaya. caranya. pilih menu insert di kiri atas atau gunakan tombol shortcut keyboard. kemudian pilih new symbol, setelah itu pilih graphic dan beri nama background.

Karena kita tidak ingin menggerakkan latar belakang dan hanya sebagai arena dalam pertempuran game kita. maka simbol graphic yg bagus untuk mengurangi beratnya kinerja komputer kita. namun kita masih bisa mengisinya kedalam movie clip jika diperlukan dan dengan begitu, kita bisa menggerakkan background tersebut seperti game side scrolling. selanjutnya, kamu akan melihat disamping tulisan scene 1 ada background, artinya, apapun yg kita buat atau ubah di dalam layar background tidak akan mengganggu scene 1 (layar utama saat game pertama kali dimulai). dan isi di dalam scene 1 akan tetap kosong. scene 1 sendiri berguna untuk mengumpulkan data seluruh game. bisa dibilang start sampai ending game. dan seluruh file yg diperlukan akan di isi ke dalam scene 1.

Jika kurang dipahami, maka biarkan saja dulu. nanti setelah beberapa part dari tutorial ini. kita akan paham tentang scene 1. tepatnya saat semua gambar sudah dibuat dan siap untuk mengumpulkan seluruh alur cerita permainan. memang agak susah saya jelaskan. tapi semoga kamu paham nanti. kemudian di samping kanan ada tab library. disitu bisa kita lihat kalau simbol graphic background sudah dibuat. jika tab library belum muncul. pilih menu windows diatas, kemudian pilih library. silahkan lihat gambar dibawah ini.

simbol background yg sudah dibuat
simbol background yg sudah dibuat

berikutnya, mari kita mulai membuat latar belakang game ini. pastikan scene yg aktif adalah background. jika tidak tahu, lihat saja tulisan scene 1 yg sudah saya sebutkan sebelumnya, pastikan di samping scene 1 tersebut ada tulisan background yg berarti layar yg aktif adalah background. karena layer 1 pada scene background berbeda dengan scene 1. kemudian diatasnya ada timeline dan tulisan bernama layer 1. ubah nama layer 1 menjadi latar belakang background atau cahaya, saya sendiri menamakan layer tersebut background.

mengubah nama baru pada layer 1
mengubah nama baru pada layer 1

kemudian pilih rectangle tool di samping kiri. selanjutnya atur warna di samping kanan atau di bawah bagian properties. kita pilih warna langit untuk cahaya kita. saya sendiri belum bisa memilih warna langit yg tepat. jadi tidak apa2. yg penting kita belajar bersama kan. lihat contoh warna pada gambar yg saya buat di bawah ini dan jangan lupa juga kita atur warna hitam untuk garis tepinya (gambar pensil).

memilih warna untuk menggambar langit
memilih warna untuk menggambar langit

selanjutnya, silahkan buat gambar kotak di layar background. tidak masalah apabila ukuran dan posisi kotak tersebut tidak beraturan dengan layar. karena nanti kita bisa atur ukuran dan posisi kotak tersebut dengan cara memilih selection tool (V), kemudian double click gambar kotak yg kita buat tadi agar seluruh gambar diseleksi (pastikan seluruh kotak serta garis tepi pada kotak terseleksi). setelah itu atur ukuran dan posisi gambar yg terletak di kiri bawah agar fit dengan layar game yg kita buat sebelumnya ( width 640 dan height 480, posisi x 0 dan posisi y 0 ). lihat lagi contoh gambar di bawah ini.

seleksi semua gambar dengan selection tools (V)
seleksi semua gambar dengan selection tools (V)

Jika sudah selesai, simpan kembali file flash game buatan kamu jika belum disimpan. selanjutnya kita akan membuat gambar sebuah gunung untuk pemandangannya. jadi untuk membuat game 2d part 1 ini saya anggap selesai. kita akan lanjutkan lagi tutorial membuat game 2d part 2 nanti pada tulisan saya yg berikutnya.


Demikianlah tulisan saya dalam cara membuat game 2d sesuai dengan pengalaman saya sendiri, dan kali ini kita akan selesaikan langkah2 nya hingga menjadi 1 game yg lengkap. jika sudah paham, maka kita bisa membuat game yg lain nanti. jadi selamat mencoba dan tunggu kelanjutan dari tulisan saya. salam hangat admin uyasur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar kalian disini, setiap komentar akan tampil setelah disetujui oleh admin selama tidak melanggar aturan yg ada. dan url aktif akan dihapus secara otomatis oleh sistem blog ini. terima kasih